Berinfak dan Bersedekah untuk Masa Depan Gen Z yang Lebih Baik

Perbedaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh

  • Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat, dengan harta tertentu, dan diberikan hanya kepada golongan 8 asnaf
  • Shodaqoh/sedekah adalah segala bentuk pemberian yang dilakukan dengan ikhlas dan tanpa mengharap balasan. Shodaqoh bisa dilakukan dengan harta maupun non-harta semisal tenaga, pikiran, perhatian, dlsb.
  • Infaq adalah ‘sedekah harta’.

Manfaat Berinfak dan Bersedekah 

Infak dan sedekah memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah beberapa manfaat infak dan sedekah:

  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT
  2. Mendapatkan pahala yang besar
  3. Membantu orang yang membutuhkan
  4. Meningkatkan kebahagiaan
  5. Mencegah penyakit hati
  6. Mencegah musibah

Gen Z: Generasi Dermawan

Gen Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini dikenal sebagai generasi yang peduli dengan lingkungan dan sosial. Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan berderma yang dilakukan oleh Gen Z.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa pada tahun 2023, sebanyak 82% Gen Z menyatakan bahwa mereka ingin berdonasi untuk membantu orang lain. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa Gen Z lebih memilih untuk berdonasi secara online.

Jika kamu adalah Gen Z yang ingin berdonasi, Anda bisa melakukannya secara online melalui lembaga amal Sedekah Kemanusiaan. Saat ini Sedekah Kemanusiaan sedang menggalang infak untuk adek Enok Savitra (5):

Enok Savira penderita sumbing
Enok Savira penderita sumbing

Adek Enok tinggal di Lebak, Banten bersama kakek-neneknya. Adek Enok sering kena bully karena bentuk fisiknya yang berbeda, omongannya yang tidak jelas, serta bau mulutnya yang tidak sedap dikarenakan bibirnya yang sumbing.

Keluarganya merasa sedih dengan pem-bully-an yang diterima adek Enok, namun mereka hanya bisa pasrah sebab mereka sendiri tidak bisa membawa Adek Enok menjalankan operasi sumbing yang biayanya sebesar 17,5 juta rupiah.

Yuk, Gen Z, mari kita sama-sama berinfak untuk membantu sesama!

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *